Rabu, 24 Agustus 2011

my History (awal mulanya Nama 'GAMBRENG')

Bola Dan Gaya,
jika di ambil huruf depan yang membentuk kata dari kalimat di atas terlihat atau membentuk kata BDG, yang artinya kependekan dari inisial kota kelahiranku, yups tepat yaitu Bandung.
Bandung dengan sejuta pesona , culture serta gaya hidup yang luar biasa, tercermin dari sebuah nama yang dulu populer dengan sebutan Parijs Van Java.
Kenapa demikian, itulah roman cantiknya kota ini hingga mempunyai julukan Paris nya pulau Jawa. dan itu memang
terbukti dengan berbagai peninggalan sejarah yang masih berdiri kokoh menghiasi dan menjadi bukti sejarah disetiap sudut kota,ditunjang dengan letak geografis yang strategis dan dinamis.
Pola hidup tatar Parahyangan yang masih melekat, dan unsur budaya adat Sunda yang begitu kental, sehingga membuat daya tarik dari kota ini.
Fashion, Gaya, Trend Busana, hingga Sepak Bola turut mewarnai indahnya Kota Kemabang ini,di samping tempat yang sering dikunjungi karena menyediakan wahana atau wisata kuliner yang di kemas dengan keramahtamahan dan penuh kekeluargaan dari sikap orang lokal yaitu 'Urang Bandung ,Urang Sunda'.
Bandung menurut sejarah asal kata dari 'Bendungan'. karena bentuk geologis Bandung pada awalnya merupakan sebuah cekungan yang besar.dan di kelilingi oleh gunung gunung di sekelilingnya. Gunung Tangkuban Parahu yang terkenal dan merupakan Legenda dari terciptanya Bandung. Lambat laun cekungan Bandung pun surut dan memunculkan suatu daratan. Di tataran Parahyangan yang begitu cantik dan mempesona, serta iklim suhu yang sejuk tersirat dalam sebuah Legenda 'Sangkuriang'.
Berbicara Bandung rasanya tak lengkap jika tidak membicarakan Bola. yups betul banget PERSIB. Yang berdiri tahun 1933 di Bandung.
Sebuah nama besar dikancah pesepakbolaan Nasional yang merupaka salah satu pelopor dan perintis lahirnya PSSI ,selain kota Solo yang menjadi kota terbentuk sebuah Organisasi Sepak bola di Tanah Air.
Dari zaman Belanda SepakBola memang sudah sangat populer, dimana SIDOLIG salah satu SSB yang pada awalnya dibentuk di kota kembang, dan memang bukti sejarah bahwa Sepak Bola tidak bisa dipisahkan dari kota Bandung.
Begitu pula, seorang anak kampung yang berada dipinggiran kota Bandung ini, sebut saja GAMBRENG. Anak ke tiga dari tiga bersaudara ini pernah bersekolah dasar di SDN Prakarsa 0I, SMPN 37 Bandung, SMAN 23 Bandung, dan menamatkan kuliahnya di FPOK UPI Bandung dengan memboyong gelar S1 Penidikan Kepelatihan lulusan tahun 2008.

Nah ini awal kisah sebuah nama 'Gambreng'. Mungkin anda mengira nama Gambreng itu karena saiya suka Hompimpa atau kucing kucingan, sehingga harus gambrengan dulu. Salah jika anda berpikir begitu,heheh. Awal nama ini terbentuk waktu zaman kuliah (FPOK-UPI) tahun 2002, awal mulanya saiya selalu manggil teman dengan panggilan 'Gombrang' (bahasa Sunda:sesuatu hal yang terlalu kegedean) karena maklum masih masas-masanya Ospek Kampus kan belum pada kenal satu sama lain. Nah suatu saat ketika memanggil teman dengan sebutan 'Gombrang' dia membalas secara spontan "naon Gambreng ??(bahasa Sunda: Apa Gambreng)",nah dari situlah nama Gambreng mmuncul. Dari feed back yang muncul akhirnya nama Gambreng itu melekat sampai sekarang. Dan memang mewakili banget dengan karakter orang nya, di samping menyukai celana yang gede gede alias 'Gombrang'..hehehe
Salah seorang putra daerah yang sangat besar kecintaannya terhadap si kulit bundar. Tak salah jika semua anak yang tinggal di Jawa Barat atau Bandung khususnya menginginkan jadi Pemain Persib Bandung. namun tak semua orang bisa mewujudkannya. Begitupun Gambreng yang hanya bisa menikmati sepakbola antar kejuaraan RT dalam kejuaraan memeriahkan Kemerdekaan HUT RI.
Sempat tercatat sebagai salah seorang pemain di sebuah SSB intern Persib, namun sayang tidak pernah masuk seleksi atau bisa berlaga memperebutkan posisi jadi pemain Persib. Memang hal yang tak mudah untuk bisa mewujudkan mimpi mengenakan seragam kebanggaan orang Bandung yang berlogokan Pemda itu.
Namun dibalik kecintaannya terhadap sikulit bundar tidak pernah pudar. Di tahun 2055 akhir Gambreng sempat diaksi CD downdloadan/internet dr seorang senior di masa kuliahnya (FPOK-UPI) ,Sumarlin yang memberikan sebuah tayangan video berdurasi cukup lama dan menampilakan bagaimana piawainya seseorang dalam mengolah sikulit bundar(Abass Farid : Freesler), nah mulai dari situlah rasa cinta ku terhadap Sepakbolagayabebas mulai melekat.
Awal mula belajar, berlatih emang terasa susah karena tanpa ada orang yang membimbing (Otodidak), dan akhirnuya bisa berlatih dengan seorang teman Eman Sulaeman a.k.A Emane Sergei (satu perkuliahan, satu angkatan).
di pertengahan tahun 2006 bulan Mei tepatnya diadakan sebuah event Djarum Super Soccer 4 on 4. yang di dalamnya di masukan unsur Sepakbola Gayabebas atau Freestyle Soccer, akhirnya Gambreng, Emane, Bezo (Cipta Adikodrati,Andri dan Anton) membentuk sebuah team yang memang didasari sepakbolagayabebas, dengan sebuah nama yang cukup fenomenal yaitu N-WAE (bahasa sunda: Naon Wae = Apa aja). Kenapa N-Wae?? karena paa saat itu Gambreng dan Emane Sergei begitu susah dan sulit menemukan sebuah nam Team,sedangkan waktu registrasi atau pendaftaran tinggal sehari lagi,dengan nada menanyakan Gambreng "man,ngaran team na naon? (nanya kepada Emane sergei).
dengan spontan Emane SErgei menjawab "Naon We"..nah dari situlah nama team yang didaftarkan sebagai peserta dengan nama N-WAE (disingkat, dan dikasi tanda -,biar kerend kaya dari luar negri,heheh). Akhirnya N-wae pun terbentuk lahir di tanggal 26 Mei 2006. Berhasil menyabet gelar Atractive Team untuk Regional Bandung.
,dan berhasil lolos untuk berlaga di Grand Final @ Depok Margo City Mall.di bulan Juli. Dan menobatkan Gambrenk sebagai MVP level Nasional di tahun 2006'.

Oiya mungkin anda bertanya-tanya siapa sii gerangan nama asli di balik nama 'GAMBRENK'???
hanya orang tua,saudara,kerabat dekat,dan orang yang beriman..yang tahu.
karena bagi ku nama asli buat di kenal orang banyak tidak begitu penting..
"Karena Nama Ku kusembunyikan dibelakang ku bermain,karna ku ta' BUTUH NGETOP dan MENYELA orang LAIN".

.....gam BrUeEEnK is SPEakAsEbeLEUn........

RiweUh ,koCaK ,Rame,KeReNd,, speakasebeleun a.k.a nyebelin tp NGangenin...hehehehe
humoris.ramahlingkungan.
nyesel kalo ga knal ma 
GAMBR3NK
a.k.a
double-G

...."menSana en cOmPorEsaNo..."
yg artinya
saYa maEN boLa dSaNA
en kAmU maEn dsOnO...


4 komentar:

  1. cukup mengharu biru kang,,perjalanannya,,ooh ternyata oom marlin yang bikin dikau ketagihan..begitupun juga saya,sekrg saya jdi ketagihan jualan apa ajah,,gara2 oom marlin oge tah..sip kang,,majukan trus sepak bola gaya bebas gaya gambreng...

    BalasHapus
  2. hajar terus lah brenk
    pikirkeun nikah heula brai wkwkwkkw

    BalasHapus
  3. siapp kawann,,,teruskan sisa sisa perjuangan...seerraannggg..

    BalasHapus